Jumat, 03 Mei 2013

HASTA BRATA


SifatBumi; adalahmemberikantempathidupbagimanusia, hewandantumbuhan.Dalamkontekskekinian, sifatBumiinidapatditerjemahkanmenjadisifatseorang yang sukamemberikanperhatiankepada fakir miskin, dankaumlemah.Seorangpemimpin yang menguasaisifatBumiakanmengarahkankekuasaannyauntukmensejahterakanrakyatdanmengentaskankemiskinan.

SifatMatahari; adalahmenjadisumberenergi yang memberikekuatanuntukmenyokongkehidupan.Mataharimemberikankekuatanpadamakhlukhidup yang ada di bumi.Dalamkontekskekinian, seorangpemimpin yang menguasaisifatMataharidapatmemberikaninspirasidansemangatkepadarakyatnyauntukmenyelesaikansegalapersoalan yang dihadapi.Pemimpin yang menguasaisifatMatahariadalahia yang siapmembelarakyatnya yang tertindas. SifatpemimpinsepertiinidiilustrasikandalamkisahKhalifah Umar bin Khatab yang “marah” ketikamenemukanseorangwarga yang tanahnyaakandigusurGubernurMesirsecarasemena-mena. SeketikaKhalifah Umar mengirimkansepotongtulang yang digorespedangnyasebagaiperingatan agar GubernurMesirtidaksemena-menaterhadaprakyatnya.

SifatBulan; adalahmenjadisumbercahayabilamalamtiba.Dengandemikian, hakekatnyaBulanadalah sang penerangmahlukhidupdarikegelapan di bumi. Dalamkontekskekinian, seorangpemimpin yang menguasaisifatBulanadalahia yang mampumenjadipenuntundanmemberikanpencerahankepadarakyatnya. Olehkarenaitupemimpinsepertiinimemahamidanmengamalkanajaranluhur yang terkandungdalam agama (religiusitas) danmenjunjungtinggimoralitas.
Sifatbulaniniditerapkanoleh raja-raja Mataram, salahsatutandanyaadalahdenganmemberikan status/posisikepada Sultan HamengkuBuwonosebagai SenopatiIngNgalogoNgabdurohmanSayidiPanotoGomoKalifatullah.DalamkonsepsiJawa, seorangpemimpinadalahsekaligusberfungsisebagaiulama.

SifatSamudra; adalahluasdanlapangsebagaisimboldarikelapangan dada dankeluasanhati.Dalamkontekskekinianseorangpemimpin yang menguasaisifatSamudraakanmampumenerimakritikandenganlapang dada, siapdiberi saran sekalipunituolehbawahannya. Iatidakakanmelihatsiapa yang berbicara, tetapiapa yang dibicarakan. Iaakanmenyediakanwaktudanselaluterbukauntukmenampungkeluhanrakyatnya.
SifatSamudrainijugatercermindalampraktek  kepemimpinan raja-raja Mataramdenganmemberikankesempatankepadarakyatnyauntukmengajukanproteskepada Raja melaluibudaya pepe, yaituberjemur di alun-alunsampai Raja menemuidanmendengarkankeluhanmereka.

SifatBintang; adalahmelukiskanposisi yang tinggi.Pemimpin yang menguasaisifatBintangdalamkontekskekinianadalahpemimpin yang memilikikepribadianmuliasehinggamenempatiposisi (maqam) yang terhormatdandihormati.Singkat kata, rakyatmencintainyasedangkanlawanmenyeganinya.

SifatAngin; adalahdapatmasuk (menyusup) kesegalatempat.SifatAngindalamkhasanahfilsafatJawainidiartikansebagaisuatubentukketelitiandankehati-hatian. Dan dalamkontekskekinianpemimpin yang menguasisifatAnginadalahia yang selaluterukurbicaranya (tidakasal ngomong), setiapperkataannyaselaludisertaiargumentasisertadilengkapi data danfakta. Dengandemikianpemimpin yang menguasaisifatAngininiakanselalumelakukan check and recheck sebelumberbicaraataumengambilkeputusan.

SifatApi;  adalahmembakarapasaja, tanpapandangbulu. BesisekalipunbisalelehdenganApi. DalamkhasanahfilsafatJawa, Apidimaknaisecarapositifsebagaisimboldarisifat yang tegasdanlugas. Dalamkontekskekinian, seorangpemimpin yang menguasaisifatApiadalahia yang cekatandantuntasdalammenyelesaikanpersoalan. Jugaselalukonsistendanobjektifdalammenegakkanaturan, tegastidakpandangbuludanobjektifsertatidakmemihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar